A Life Journal.

Wednesday, 16 September 2020

Memulai Bisnis Baru Di Kala Pandemik

Wow sudah setahun saya vakum dari blog ini dan tiba-tiba 2020 being not kind at all to all of us. 


Tahun 2020 merupakan tahun yang sangat unpredictable bagi banyak orang, termasuk saya. Waswas karena banyak orang di sekitas saya yang sudah mulai kena  efisiensi gaji maupun kemungkinan terburuk yaitu lay off. Walau pandemic masih menghantam sampai saat ini, namun roda kehidupan nggak berhenti di situ-situ aja kan? Gaji dipotong, karyawan di layoff, namun kebutuhan tetap ada. Kebutuhan sandang, pangan, papan harus tetap tercukupi. Pada kondisi seperti sekarang ini memang tidak bisa hanya bergantung pada gaji, perlu mencari bisnis sampingan agar tidak bergantung hanya pada satu sumber penghasilan.


Ilustrasi bankrut

Salah satu kendala yang sering kali dialami oleh masyarakat yang ingin mulai menjalankan sebuah bisnis memang dari segi dana atau modal. Karena memang tak dapat dipungkiri jika seandainya dalam bisnis pasti harus ada modal yang dikeluarkan, untuk itu kita harus lebih bisa selektif juga di dalam memilih jenis bisnis apa yang ingin ditekuni namun dengan modal yang tidak terlalu besar. Salah satu bisnis yang sedang banyak diminati saat ini yaitu bisnis kue dimana modal yang diperlukan tidak terlalu banyak namun perputaran uang cepat.



Ilustrasi bisnis kue


Lalu mungkinkan bisa sukses dengan menjalankan bisnis kue ini dengan modal terbatas? Tentunya sangat mungkin, berikut merupakan tips memulai bisnis kue:

  1. Cari bahan baku yang harganya murah namun tetap berkualitas. Misalnya untuk coklat yang akan digunakan sebagai bahan kue tersebut, ada sangat banyak pilihan coklat yang tidak mahal namun tidak mengesampingkan kualitas seperti  coklat Colatta yang merupakan brand asli Indonesia.
  2. Manfaatkan alat-alat yang ada di rumah. Jangan kalap membeli bahan barang-barang baru atas nama bekal modal usaha. Gunakan peralatan yang ada di rumah untuk memulai usaha. Jika usaha sudah mulai membuahkan hasi, barulah mulai hunting peralatan-peralatan baru
  3. Jual dengan sistem pre order. Supaya modal awal yang keluar tidak terlalu besar, pre  order dapat dijadikan solusi. Pembeli akan membayar uang DP terlebih dahulu untuk memesan dan dari uang DP ini barulah bahan-bahan dibeli.
  4. Jual secara online. Penjualan secara online dapat memangkas biaya sewa gerai yang nominalnya tidak sedikit. Alih-alih modal  dijadikan sewa tempat, lebih baik dijadikan modal bahan agar dapat berjualan lebih banyak menggunakan modal tersebut dan menghasilkan lebih banyak keuntungan!

Itulah setidaknya beberapa tips bagi Anda yang ingin bisnis kue namun terbatas pada modal. Bahan-bahan murah berkualitas seperti Colatta bisa dibeli online melalui TokoWahab.

Tetap semangat!
Kindly share your thoughts !
Post a comment

Custom Post Signature

Custom Post  Signature