A Life Journal.

Monday, 5 March 2018

Step #2: Wedding Planner?

Source: beograduzivo

Setelah beres nentuin budget, hal berikutnya adalah nentuin tanggal. Umumnya orang-orang nentuin tanggal dulu, tapi ya budget dulu juga ngga apa-apa.

Kenapa harus punya tanggal dulu sebelum yang lain-lain? Karena kalau kita mulai tanya ke vendor apapun, pertanyaan pertama pasti: Kira-kira acaranya kapan? 

Karena harga dan ketersediaan vendor adalah berdasarkan kapan. Kalau udah ada tanggal, tinggal tentuin, apakah mau ngurus semuanya sendiri atau pakai jasa wedding planner?
Pakai wedding planner ga melulu mahal sih sebenernya. Bisa jadi lebih ekonomis, tinggal dibikin plus minusnya dan sesuai kebutuhan aja pastinya.

+ Ngga harus ribet mikirin alokasi duit, tinggal bilang budget berapa sama dia langsung diaturin
+ Mengikat budget
+ Ngga ribet harus kesana kemari
+ Ngga ribet ngatur apa2 di hari H, keluarga tinggal menikmati acara aja
+ Ngga banyak intervensi dari sana sini

- Kadang ga bebas nentuin vendor
- Ada biaya jasa planner
- Kadang keluarga baper merasa tidak terlalu dilibatin

Sebetulnya pakai planner tuh bisa banget malah dapet harga lebih murah karena kebanyakan planner udah punya kerjasama/udah kenal sama vendor. Jadi either kita bisa dapat lebih murah atau bisa dapet bonusan.

Baca: Step #1: Budgeting!

Setelah tentuin mau pake apa ngga, barulah kita cari-cari planner yang sesuai dengan budget dan kebutuhan kita.

Setelah cari kesana-kesini akhirnya saya menentukan pakai jasa dari bright wedding planner. Ini planner based in Bandung, kantornya terletak di jalan kihiur. Awal nemu ini liat dari IG sih terus saya kontak cpnya, nanya-nanya lewat WA lalu ketemuan.

Awal ketemuan jadi disini dijelasin dulu rencana dari paket yang akan kita ambil dan garis besar acaranya seperti gedung dimana, jam berapa, adat apa, sama konsep yang kita inginkan kaya gimana. Lalu dia kasih referensi2 untuk tiap vendor. Disini kita disuruh liat-liat dulu, nanti dia cek avalability vendor baru kasih kita list vendor yang bisa kita pilih.

Untuk masalah pembayaran, jadi disini dibagi kedalam 4 tahap, yaitu:
  • DP pertama untuk lock tanggal ke WO nya
  • Termin 1: 3 minggu setelah bayar DP
  • Termin 2: 3 bulan sebelum acara
  • Termin 3: 1 bulan sebelum acara
Kenapa termin 1 cepet banget? Karena si WO juga butuh DP ke vendor untuk lock jadwal mereka. Untuk masalah catering juga ga perlu khawatir karena mereka menyediakan test food juga.

Sekian yang baru aku jalanin dari masalah wedding planner, untuk kedepannya nanti akan aku update
Kindly share your thoughts !
Post a Comment

Custom Post Signature

Custom Post  Signature